Jelaskan Peranan Echinodermata Di Dalam Ekosistem

17/05/2023 | 87x

Ekosistem laut memiliki beragam organisme yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan laut. Salah satu organisme laut yang memiliki peran penting dalam ekosistem laut adalah echinodermata.



Echinodermata dalam Ekosistem



Echinodermata adalah kelompok hewan laut yang termasuk ke dalam filum Echinodermata. Kelompok hewan ini mencakup beragam spesies seperti bintang laut, teripang, dan urchin laut.



Peran Echinodermata di dalam Ekosistem



Echinodermata memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut, di antaranya:



1. Sebagai Predator



Bintang laut dan teripang merupakan predator alami di dalam ekosistem laut. Mereka memakan organisme laut lain seperti plankton, ikan kecil, dan invertebrata laut lainnya. Dengan memangsa organisme lain, echinodermata membantu menjaga populasi organisme laut lain agar tidak terlalu banyak dan menjaga keseimbangan ekosistem laut.



2. Sebagai Detritivora



Urchin laut merupakan detritivora, artinya mereka memakan sisa-sisa organisme lain yang sudah mati. Dengan memakan sisa-sisa organisme lain, echinodermata membantu mengurangi sampah organik di dalam ekosistem laut dan menjaga keseimbangan lingkungan laut.



3. Sebagai Habitat



Echinodermata juga berperan sebagai habitat bagi organisme laut lainnya. Bintang laut dan teripang adalah tempat tinggal bagi beberapa spesies ikan kecil dan invertebrata laut lainnya. Dengan menjadi habitat bagi organisme lain, echinodermata membantu menjaga keberagaman spesies di dalam ekosistem laut.



Kesimpulan



Echinodermata memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Sebagai predator, detritivora, dan habitat, echinodermata membantu menjaga populasi organisme laut lainnya, mengurangi sampah organik, dan menjaga keberagaman spesies di dalam ekosistem laut.