Selamat datang! Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara
berbagi printer di jaringan. Berikut adalah beberapa tag yang akan digunakan dalam artikel ini, yaitu
, , , dan tag
.
Langkah-langkah Berbagi Printer di Jaringan
1. Pastikan Printer Terhubung ke Jaringan
Sebelum dapat
berbagi printer di jaringan, pastikan bahwa
printer Anda terhubung ke
jaringan yang sama dengan perangkat lain yang ingin terhubung ke
printer tersebut. Pastikan juga bahwa
printer telah terhubung ke perangkat yang berfungsi sebagai server printer.
2. Aktifkan File dan Printer Sharing
Selanjutnya, aktifkan fitur File dan Printer Sharing di perangkat yang berfungsi sebagai server printer. Caranya adalah dengan masuk ke menu "Control Panel" dan klik "Network and Sharing Center". Lalu, pilih "Change Advanced Sharing Settings" dan pastikan opsi "Printer Sharing" telah diaktifkan.
3. Tambahkan Printer di Perangkat Lain
Setelah
printer telah terhubung ke
jaringan dan fitur Printer Sharing telah diaktifkan, Anda dapat menambahkan
printer ke perangkat lain yang ingin terhubung ke
printer tersebut. Caranya adalah dengan masuk ke menu "Control Panel" dan pilih "Devices and Printers". Lalu, klik "Add a Printer" dan pilih opsi "Add a Network, Wireless or Bluetooth Printer". Pilih
printer yang ingin ditambahkan dan klik "Next".
Penutup
Itulah tadi beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk
berbagi printer di jaringan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memudahkan penggunaan
printer oleh beberapa pengguna di
jaringan yang sama. Terima kasih telah membaca artikel ini!