Bagaimana Cara Menginstall Website Di Vps

13/01/2023 | 743x





Cara Menginstall Website di VPS

Kamu mungkin sudah familiar dengan Virtual Private Server (VPS) dan ingin tahu cara menginstal website di VPS. Pembuatan website sendiri memang bisa dilakukan secara mudah, namun jika ingin website dengan performa yang lebih tinggi dibandingkan hosting shared atau dedicated server, maka VPS adalah pilihan yang tepat. Berikut ini adalah cara menginstall website di VPS yang harus kamu lakukan.

Pertama, Pastikan Bahwa VPS Kita Sudah Memuat Aplikasi dan Teknologi Yang Diperlukan

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan bahwa VPS telah memuat aplikasi dan teknologi yang diperlukan untuk menjalankan website. Biasanya VPS sudah menyertakan instalasi LAMP atau LEMP. LAMP merupakan stack aplikasi yang terdiri dari Apache, MySQL, dan PHP; sementara LEMP merupakan stack yang terdiri dari Nginx, MariaDB dan PHP.

Kedua, Instal CMS Sesuai Kebutuhan

Setelah LAMP atau LEMP selesai diinstal, kamu dapat menginstal Content Management System (CMS) yang sesuai dengan kebutuhan website. Beberapa contoh CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Selain memilih CMS, perlengkapan lain yang disarankan seperti cache, plug-in, dan template juga dapat dipilih untuk mendukung website kamu.

Ketiga, Upload File Kedalam VPS

Setelah semua aplikasi telah siap, kamu dapat mulai mengunggah file kedalam VPS. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan, termasuk FTP, SCP, atau rsync. Cara ini akan memudahkan kamu dalam memindahkan file kedalam folder website.

Keempat, Tambahkan Domain dan Buat Database

Setelah semua file berhasil diunggah, tambahkan domain ke dalam VPS, lalu buatlah database yang dibutuhkan untuk menyimpan data website. Jangan lupa untuk membuat user baru untuk mengakses database dan memberi mereka hak akses yang tepat.

Kelima, Konfigurasi Web Server

Setelah semua aspek siap, konfigurasikan server web milikmu. Ini bisa dilakukan dengan mengedit file konfigurasi webserver seperti Nginx atau Apache. Pastikan untuk menyimpan semua setting yang direvisi setelah selesai.

Keenam, Tes dan Sesuaikan Website

Selanjutnya, tes website untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan benar. Coba membuka halaman web, mengunjungi dashboard, dan menguji semua fitur utama website. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk melakukan optimasi agar website berjalan dengan cepat dan optimal.

Setelah semuanya berjalan dengan lancar, website kamu siap digunakan. Dengan melakukan instalasi website sendiri di VPS, kamu dapat mengelola website dengan mudah dan memiliki hak kendali penuh atas semua aspeknya.